Keunikan Budaya Dari Desa Mliwang Kerek Tuban
Makam Syekh Abdullah Di dunia ini banyak terekam narasi ke unikan keyakinan/kebudayaan satu bangsa dari benu amerika dengan sisi tiga bermuda,serta tiap negara tentu punyai narasi masing masing masalah ke unikan mitos yang mereka yakin di indonesia banyak juga narasi atau mitos nitos keyakinan yang unik salah satunnya"kekhasan kepercayaandesa mliwang kecamatan kerek kabupaten tuban ini.
Sembuhkan Ayam Lumpuh Setelah Bertanding
Jaman bisa beralih melenium bisa bertukar namun keyakinan dari desa mliwang kerek ini masih terbangun sampai sekarang ini sebenernya tidak hanya dari desa mliwang saja dari wilayah tuban lainnya ada juga diantaranya larangan ambil ikan dari wilayah gua ngerong kecamatan rengel,seandainya ada orang yang ambil atau menyalahi tabu itu akan terkena kemalangan.
Ok we get back to story, kekhasan budaya dari desa mliwang kerek tuban ialah seperti berikut sekampung tidak ada rumah yang mengadap mengarah utara, mulai rumah masyarakat, sarana umum, atau bangunan lainnya. Sebab masyarakat yakin pada larangan semenjak beberapa ratus tahun lampau tidak untuk membuat bangunan menghadap keutara karena penghuninya akan terkena bencana.
Hasil pencarian dilapangan memang terlihat aneh, walau rumah ada di tepi jalan kutub desa ditempat semua pintu atau sisi depan rumah membelakangi jalan raya, sebab tempat jalan raya ada disamping utara rumah masyarakat. Hingga terlihat rumah masyarakat dari pundak jalan tempatnya menyamping.
Wilayah yang ada di pegunungan Tugel atau tepatnya seputar 30 Km arah barat kota Tuban ini, bisa disebutkan taat pada tradisi istiadat ditempat sebab walau bertukar pemerintahan desa belum pernah ada yang mengubah kantor balai desa untuk menghadap keutara.
Masyarakat desa yang mempunyai luas seputar 675,02 hektar dengan masyarakat seputar 2.238 jiwa ini yakin narasi dari leluhur yang pertama-tama tempati desa (pendiri desa) itu tidak untuk membuat bangunan menghadap keutara untuk selalu hindari bencana penyakit atau membuat penghuninya wafat.
"kata sesepuh di desa ini, jika ada rumah pintunya menghadap utara atau barat perihal dengan membelakangi tempat tinggal Ki Buyut (Panggilan masyarakat untuk makam pendiri Desa)," lebih dari sumber yang serupa.
Makam Syekh Abdullah kehadirannya di atas bukit, serta persisnya ada di Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Warga ditempat mengatakan dengan nama Mbah Buyut Sumber Banyu.
Disamping itu menurut Ahmad Shodiq (35), masyarakat ditempat bercerita tentang larangan itu dilanggar salah satunya masyarakat dengan membuat tempat tinggalnya menghadap mengarah utara beberapa puluh tahun lampau, malamnya dikunjungi macan putih sebesar kerbau dewasa dengan meraung-raung,"ya tuturnya macanya terlihat geram, serta pak samsuri punyai rumah habis itu terus sakit kronis hingga kemudian wafat seputar tahun 1950," katanya.
Kecuali Samsuri, Mursidin serta beberapa masyarakat yang lain wafat banyak yang wafat sebelum tahun 1950-an sebab menantang larangan itu serta semenjak peristiwa itu masyarakat taat pada pesan mbah buyut.
Apa ada yang sepakat dengan narasi mitos itu??...
Penulis pasti seratus % sepakat, dengan catatan penulis kurang paham masalah mistik atau metafisika yang dimaksud penulis sepakat dengan mitos semacam ini sebab banyak faedahnya untuk lingkungan serta kelestarian alam contoh "narasi mitos di gua ngerong "siapa saja yang berani ambil ikan dari gua ngerong pasti terkena kemalangan/apes dapat sakit serta yang bertambah fatal lagi yakni kematian,untuk narasi ini entahlah betul atau mungkin tidak
goa ngerong penulis cuma menggaris bawahi jika seandainya tidak ada narasi mitos semacam ini penulis percaya keasrian serta keaslian
tempat wisata dari goa ngerong tentu tinggal narasi saja.
Dari sekian waktu, objek rekreasi Goa Ngerong pada galibnya tidak pernah merasakan perkembangan yang bermakna. Jika ada, tempat plesir yang sekarang ada di bawan pengendalian Pemerintah Desa Rengel itu, cuma muka depannya saja yang beralih. Tapi, itu, Ngerong dengan semua yang ada didalamnya tetap menarik untuk didatangi.
Selain daya tarik magic goanya, situasi di luarnya masih menyebarkan daya tarik tertentu. Mungkin, cuma di Ngerong saja orang masih dapat nikmati situasi alam yang asli. Beberapa ribu ikan yang berkeliaran di Kali Ngerong, ialah daya tarik lain nya.
Merreka ini rerata berkeyakinan jika Ngerong punyai tuah serta dipercaya dapat merangsang usaha, jodoh atau hal yang lain yang terkait dengan kebutuhan duniawi," papar Ali Hamka. "Masalah kebenarnnya, wallahu a'lam."
Goa Ngerong dengan keelokan kalinya, menurut pembicaraan sebagian orang sepuh disana , dapat menghipnotis masyarakat ditempat serta warga umum di luar Kabupaten Tuban, lebih dari banyak cerita-kisah mirakel di sekitarnya. Dari mulai sisi cikal akan terciptanya Kadipaten Tuban di waktu kerajaan dahulu, kepahlawan tokoh Kembangjoyo yang sakti mandraguna sampai narasi mengenai kecantikan putri Ngerong yang elok rupawan.
Ada cerita yang tersebar di kalngan penjual kembang pada hari Jumat Pahing, si putri yang konon bertapa di Goa Ngerong sampai lampus (raganya lenyap, tetapi masih sering terdengar suaranya, sering ada ditengah-tengah aktivitas orang nyekar. Dia dilukiskan kenakan kebaya dengan selendang di bahunya sekalian bawa tas belanjaan ciri khas orang dusun.
Lepas dari mistis dengan semua rahasianya, Goa Ngerong yang akan datang berprospek untuk ditingkatkan untuk arah rekreasi alam sekaligus juga rekreasi penjelajahan.serta di wilayah tuban sendiri ada banyak air terjun/curuk contoh air terjun nglirip , curuk banyu langse ,pantai cemara tuban , serta beberapa tempat menarik untuk beberapa wisatawan ,goa besar ,masjid agung serta lain lain
Orang orangtua kita dahulu benar-benar bijak membuat mitos mitos semacam ini